Selasa, 12 November 2013

KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK

Nama       : Nurul Janah Syabania
NPM         : 26213729
Kelas       : 1EB20

I.                   PENDAHULUAN
Bahan Bakar Minyak atau yang biasa disebut BBM merupakan salah satu jenis bahan bakar yang berbentuk cair. Selain bisa digunakan untuk memanaskan air menjadi uap, bahan bakar cair biasa digunakan kendaraan bermotor. Karena bahan bakar cair seperti bensin bisa dibakar dalam karburator dan menjalankan mesin.
Bahan bakar minyak merupakan komoditas yang memegang peranan sangat vital dalam semua aktifitas ekonomi.

I           II.                ISI
Banyaknya kendaraan yang diproduksi menyatakan semakin banyak pula masyarakat yang membutuhkan bahan bakar minyak untuk pengguna kendaraan setiap harinya, khususnya wilayah Jawa Barat yang mendominasi kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun seiring berjalannya tahun harga bahan bakar minyak terus melonjak.
Kenaikan harga BBM bukan saja memperbesar beban masyarakat kecil pada umumnya tetapi juga bagi dunia usaha pada khususnya. Hal ini dikarenakan terjadi kenaikan pada pos-pos biaya produksi sehingga meningkatkan biaya secara keseluruhan dan mengakibatkan kenaikan harga pokok produksi yang akhirnya akan menaikkan harga jual produk.
Kenaikan harga bahan bakar minyak tersebut akan memperberat beban hidup masyarakat yang pada akhirnya akan menurunkan daya beli masyarakat secara keseluruhan. Turunnya daya beli masyarakat mengakibatkan tidak terserapnya semua hasil produksi banyak perusahaan sehingga secara keseluruhan akan menurunkan penjualan yang pada akhirnya juga akan menurunkan laba perusahaan.

III.             PENUTUP
Kenaikan harga bahan bakar minyak juga mempengaruhi harga barang-barang kebutuhan pokok. Itulah yang menyebabkan masyarakat tidak setuju akan kenaikan harga bahan bakar minyak.
Lebih baik pemerintah membatalkan kebijakan untuk menaikan harga bahan bakar minyak. Tetapi tetap menjalankan kebijakan pembatasan penggunaan bbm.
 
             IV.             DAFTAR PUSTAKA
http://erzamnur.wordpress.com/2013/05/31/kenaikan-harga-bbm/
http://digilib.its.ac.id/public/ITS-NonDegree-17594-1308030045-Chapter1.pdf
http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20090511233426AA5VGd8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AKUNTANSI INTERNASIONAL DAN PERPAJAKAN

Nama               : Nurul Janah Syabania NPM                : 26213729 Kelas                : 4EB25 Mata Kuliah   : Akuntansi In...